Home BPJS Kesehatan Tidak Lagi Ribet, Pindah Faskes 1 BPJS Sudah Bisa Lewat Aplikasi di...

Tidak Lagi Ribet, Pindah Faskes 1 BPJS Sudah Bisa Lewat Aplikasi di HP

142
0

Di era teknologi terbarukan, kini melakukan apapun bisa mudah, bisa melalui genggaman tangan. Pasalnya Pindah Faskes 1 BPJS sekarang sudah bisa dilakukan via online menggunakan Aplikasi Mobile JKN berbasis android. Faskes umumnya dipilih oleh peserta BPJS ketika mereka mengajukan pendaftaran BPJS pertama kali.

Untuk beberapa alasan terkadang peserta ingin merubah faskes tingkat 1 bpjs yang telah mereka pilih, seperti ketika peserta pindah domisili, atau ketika faskes tingkat 1 pilihannya dianggap terlalu jauh, pelayanannya atau fasilitasnya kurang memuasakan dan lain sebagainya.

Dulu memang agak ribet bin riweh kalau mau pindah faskes. karena peserta harus menyisihan waktu untuk datang ke kantor bpjs hanya untuk mengurus pindah faskes.

Sekarang untungnya saat ini, untuk meningkatkan pelayanan, terutama untuk memfasilitasi perubahan data peserta, pihak bpjs menyediakan aplikasi Mobile JKN yang salah satu fungsinya dapat memfasilitasi perubahan data peserta seperti pindah faskes atau pindah kelas.

Dengan aplikasi Mobile JKN tersebut sekarang peserta bisa pindah faskes tingkat 1 secara online, sehingga untuk urusan tersebut peserta tidak perlu lagi harus datang ke kantor bpjs setempat.

Sebelum kita bahas cara pindah faskes via android, ada baiknya kita bahasa aturan mainnya.

Pertama : Pindah faskes hanya bisa dilakukan ketika usia kepesertaan anda minimal sudah 3 bulan, atau usia dari pindah faskes sebelumnya sudah 3 bulan, artinya pindah faskes hanya boleh dilakukan setiap 3 bulan sekali. (Terkecuali untuk perubahan faskes karena pindah domisili untuk waktu yang lama, anda wajib mengunjungi kantor bpjs terdekat)

Baca:   Bagi Peserta Pendaftar Online, Ini Cara Dapat Kartu BPJS

Kedua : Setelah peserta melakukan pindah faskes secara Online, maka faskes yang baru akan berlaku dan bisa digunakan pada tanggal 1 di bulan berikutnya, sebelum faskes baru berlaku, peserta bisa menggunakan faskes yang lama.

Cara Pindah Faskes secara online melalui Aplikasi Mobile JKN

Download terlebih dahulu aplikasi JKN Mobile di Playstore atau AppStore, lalu ketika sudah didownload buka aplikasi JKN Mobile, dengan memasukan login menggunakan nomer peserta bpjs atau email anda. Nanti akan muncul tampilan menu utama.

Kemudian pilih Ubah Data Peserta, Anda akan disajikan tampilan menu untuk merubah data peserta, data peserta yang saat ini bisa diubah secara online meliputi: Nomor Handphone, Email, Alamat Surat, Kelas BPJS (kalau sebegai karyawan/penerima upah tidak bisa dirubah), dan Faskes 1.

Pop up ubah faskes tk. 1

Untuk ganti yang Faskes 1, tinggal pilih saja nanti muncul pop up, untuk memilih Provinsi, kabupaten dan Faskes.

Silahkan anda pilih provinsi, kota/ kabupaten dan juga faskes yang anda inginkan. kemudian tekan tombol simpan jika sudah selesai.

Baca:   BPJS Kesehatan: Berikut Daftar Rumah Sakit Rujukan di Surabaya

Jika muncul pesan peringatan “Faskes yang anda pilih telah memiliki lebih dari 5.000 peserta, dan berpotensi pada melonjaknya jumlah antrian, apakah anda ingin memilih alternatif faskes terdekat lainnya?”

itu artinya faskes tersebut sudah penuh, anda bisa memilih faskes tersebut dengan resiko antrian penuh atau bisa juga memilih faskes lainnya.

Tekan tombol Tidak, jika tetap ingin memilih faskes tersebut, atau tekan tombol Ya untuk memilih lagi faskes terdekat lainnya.

Jika faskes sudah dipilih, maka aplikasi akan mengirimkan kode verifikasi ke email atau nomor hp anda, silahkan cek di email anda yang anda daftarkan di BPJS atau cek di pesan sms ke Nomor HP anda yang sesuai dengan nomor hp yang anda daftarkan di BPJS.

Silahkan cek kode verifikasi yang dikirim bpjs di email/ pesan sms ke nomor hp anda lalu masukan. Setelah dimasukan lalu tekan tombol verifikasi.

Setelah proses verifikasi faskes selesai, maka akan muncul konfirmasi perubahan fakses tingkat satu berhasil dirubah dan faskes aka berlaku pada tanggal tanggal 1 bulan berikutnya, artinya anda bisa berobat menggunakan faskes baru setelah tanggal 1 bulan berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here