Home BPJS Kesehatan Bayi Dalam Kandungan Tidak Bisa Lagi Didaftarkan BPJS

Bayi Dalam Kandungan Tidak Bisa Lagi Didaftarkan BPJS

250
0

Untuk pendaftaran bayi yang kondisinya masih didalam kandungan untuk tahun ini sudah tidak berlaku lagi. Ini mungkin kabar yang cukup mengejutkan bagi anda, pasalnya banyak yang memberi saran untuk segera mendaftarkan bayi yang ada dalam kandungan ke BPJS Kesehatan. Karena ketika lahir nanti penanggunan biaya bayi sudah di hande bpjs kesehata.

Dan ternyata untuk tahun ini sudah tidak berlaku lagi. Kita sedikit flashback dalam Peraturan BPJS No 23 Tahun 2015 peserta Mandiri dapat mendaftarkan bayi dalam kandungan menjadi peserta BPJS selambat-lambatnya 14 hari sebelum dilahirkan atau usia kehamilan 7-8 bulan. Nah, nyatanya ini sudah tidak berlaku lagi sejak adanya Praturan Presiden No 82 tahun 2018, dimana pendaftaran bayi dalam kandungan sudah tidak berlaku lagi.

Persyaratan Mendaftarkan Bayi Baru Lahir :

  1. KTP suami-istri asli dan foto copy,
  2. KK asli dan foto copy,
  3. Kartu JKN KIS,Surat keterangan lahir,
  4. Buku tabungan rekening salah satunya Bank Mandiri, BNI, BRI dan BCA

Bayi akan terdaftar di kelas yang sama dengan orangtua, sehingga jika orangtua terdaftar di kelas 2 maka bayi juga akan masuk ke kelas 2 dan memiliki kewajiban yang sama untuk membayar iuran sebesar Rp51.000 per bulan.

Baca:   Cara Cek Tagihan Iuran BPJS Dengan Mudah

Sehingga apabila bayi yang baru lahir membutuhkan perawatan medis maka tetap akan ditanggung BPJS Kesehatan, dengan syarat pihak keluarga telah mengurus pendaftaran bayi tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Peserta Mandiri yang saat ini sedang mengandung atau hamil tidak perlu mendaftarkan bayi yang ada di dalam kandungan. Sehingga jika orangtua ingin mendaftarkan bayi nya maka pendaftaran bayi dapat dilakukan setelah bayi lahir.

Diberikan batas waktu 3×24 jam hari kerja sejak kelahiran bayi atau sebelum peserta pulang dari rumah sakit, perwakilan anggota keluarga dalam 1 KK datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan untuk mendaftarkan bayi yang sudah lahir.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan mudah-mudahan bermanfaat untuk anda. Pastikan anda dan keluarga tercinta anda terdaftar sebagai peserta bpjs yang aktif guna mendapatkan fasilitas kesehatan dari pemerintah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here