Home BPJS Kesehatan Bayar Tunggakan, Kartu BPJS Langsung Aktif Kembali

Bayar Tunggakan, Kartu BPJS Langsung Aktif Kembali

171
0

Permasalahan inilah yang kerap menghantui para peserta BPJS kesehatan, dimana kita sebagai manusia terkadang lalai, sehingga kerap sekali melupakan sesuatu yang kadang sudah rutinitas. Seperti membayar iuran bpjs kesehatan ini, sejatinya memang untuk pembayaran iuran memang sudah terjadwal. Tapi terkadang kita lupa sehingga kebanyakan peserta bpjs adalah kartu bpjs miliknya nonaktif atau tidak bisa digunakan untuk berobat.

Mulai 1 Juli 2016 lalu, denda keterlambatan pembayaran iuran memang sudah dihapuskan, tapi itu bukan berarti tidak ada konsekuensi ketika iuran bulanan bpjs terlambat dibayar atau tidak dibayarkan, konsequensinya tetap ada. Sejak tanggal tersebut sampai sekarang, jika iuran bulanan BPJS menunggak atau tidak dibayar minimal 1 bulan saja, maka kartu bpjs akan langsung dinonaktifkan atau diblokir, sehingga kartu tidak akan bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari BPJS.

Bagi peserta bpjs kesehatan yang kebetulan saat ini memiliki tunggakan, maka sebaiknya dilunasi segera, karena tunggakan tidak akan pernah dihapus, selama menjadi peserta tunggakan akan semakin besar dan selama ada tunggakan. Terkait cara membayar tunggakan ada pertanyaan yang sering ditanyakan oleh peserta, jika memiliki tunggakan bagaimana cara membayar tunggakan dan apakah kartu akan langsung aktif setelah membayar tunggakan.

Baca:   Perbedaan BPJS Kesehatan dan KIS

Kartu bpjs akan langsung aktif setelah melunasi tunggakan

Untuk anda yang saat ini memiliki tunggakan, baik satu bulan maupun sudah bertahun tahun anda bisa membayar tunggakan di tempat anda biasa melakukan pembayaran iuran bpjs. Umumnya tunggakan yang harus dibayar akan muncul terakumulasi dengan tagihan BPJS, untuk melunasinya cukup membayar seluruh tagihan yang muncul.

Apakah kartu bpjs langsung aktif?

Jawabannya langsung aktif, kalau sudah membayar tunggakan secara otomatis kartu akan langsung aktif kembali dan kartu bpjs kesehatan akan bisa digunakan kembali.

Jadi untuk anda yang ingin mengaktifkan kembali kartu bpjs anda yang sebelumnya sempat diblokir karena menunggak, cukup dengan membayar seluruh tunggakan bpjs untuk seluruh keluarga terdaftar di KK, maka setelah pembayaran dilakukan seharusnya kartu akan langsung aktif dan bisa digunakan untuk berobat.

Hal terpenting untuk anda peserta bpjs adalah jangan sampai kartu kita tidak aktif, karena sakit itu tidak ada yang tau kapan datangnya. Maka perlu untuk kita menjaga-jaga agar sewaktu kita terkena musibah kita bisa sedikit mengurangi biaya untuk berobat. Sekian dan terima kasih.

Baca:   Sudah Bayar Iuran Pertama, Tapi Tidak Bisa Cetak E-ID BPJS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here